Pentingnya Software Antivirus di Komputer dan Laptop


Seperti halnya tubuh manusia, komputer/laptop yang menggunakan OS Windows bisa juga terkena virus yang dapat mengganggu kinerjanya, oleh karena itu komputer/laptop pun butuh mekanisme untuk menangkal virus yaitu menggunakan antivirus. Antivirus ini akan memberikan perlindungan dan keamanan pada data dan sistem yang ada pada komputer/laptop. Virus biasanya akan menyerang pada komputer/laptop yang menggunakan OS Windows dan tidak terdapat antivirus di dalamnya, sehingga komputer/laptop tersebut menjadi berpenyakit akibat virus tersebut. Berikut macam-macam gejala yang terjadi akibat komputer/laptop yang terkena virus :
  1. Komputer/laptop menjadi sangat lambat, ini terjadi karena virus biasanya menduplikasi dirinya sehingga memenuhi ruang yang ada pada media penyimpanan.
  2. Data yang ada pada komputer/laptop tidak bisa dibuka, ini terjadi karena ada beberapa file yang termakan oleh virus. Pada kasus ini format dari file telah diubah oleh virus dan sudah dienksripsi, untuk jenis ini virus yang menyerang biasanya adalah ransomware.
  3. Data atau file ter hidden atau disembunyikan oleh virus, biasanya komputer/laptop yang terkena virus maka data yang terkena virus akan dihidden oleh virus sehingga meskipun data kelihatan kosong akan tetapi setelah dilihat di properties ukuran datanya sangat besar.
  4. Komputer/laptop sering restart dengan sendirinya,
  5. Banyak program shortcut pada komputer/laptop
  6. File atau data hilang (biasanya file dengan ekstensi .exe)
  7. Pada akhir-akhir ini terjadi serangan virus Wannacry(wcry) atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file: instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri. Saat program itu dibuka, komputer akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah di-encrypt, dan memberikan mereka tenggat waktu untuk membayar, dengan memperingatkan bahwa file mereka akan dihapus.

Oleh karena itu, ada beberapa cara agar kita bisa menangkal serangan antivirus, seperti berikut :
  • Jangan mudah percaya terhadap email atau situs web yang mencurigakan karena bisa saja di dalam email atau situs web tersebut terdapat link menuju situs berbahaya yang diam-diam men-download virus ke komputer korban.
  • Memasang aplikasi antivirus yang bisa memindai file sebelum diunduh, memblokir instalasi rahasia, dan mendeteksi malware yang mungkin sudah ada di komputer, beberapa contoh aplikasi antivirus :
- AVG

Sekian informasi ini, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Pentingnya Software Antivirus di Komputer dan Laptop"

Posting Komentar