Payrollbozz

Hasil Kalkulasi Laporan Absensi Kosong? Begini Cara Memperbaikinya...

Scan Laporan yang Tidak Terbaca

Dalam pengoprasian fingerprint dalam perusahaan atau instansi, seringkali mengalami kendala entah itu dari segi kesalahan setting pada attendece menejemen dari human error (pengguna) atau bahkan dari alat, sehingga mengakibatkan hasil cetak laporan atau kalkulasi tidak terbaca oleh system attendence menejemen. seringkali saya mendapati laporan dari operator fingerprint mengenai laporan yang tidak terbaca setelah di kalkulasi.

Nah pada kesempatan ini saya membahas mengenai hasil laporan yang tidak terdeteksi dari segi settingan yang kurang benar. Simak tutorialnya.

Ketika terjadi masalah atau kendala hasil kalkulasi tidak terbaca yang harus dicek terlebih dahulu adalah setingan pada software attencenya, yang harus di cek pertama adalah sebagai berikt :
1. Tanggal mulai pada "Pengaturan Shift"
Pastikan tanggal mulai pada pengaturan shift sebelum fingerprint mulai digunakan. cara nya untuk mengecek tanggal muali pada pengaturan shift adalah :
  • Pertama : Buka Software Attence Menejement dan Pilih "Pengaturan Shift"
  • Kedua : Setting Tanggal Mulai pada pengaturan shift. jika Belum ada silahkan tambahkan dengan Klik tombol (Tambah). Namun jika Sudah ada silahkan untuk mengedit dengan menekan tombol (Ubah), kemudian klik tanggal mualai (Format tanggal tergantung dari masing masing komputer/leptop).
2. Pengaturan "Jadwal Karyawan"
Jadwal karyawan disini berfungsi layaknya tanggal kadaluarsa pada makanan, kapan makanan bisa dimakan dan kapan makanan tidak boleh dimakan, begitu Jadwal karyawan, kapan jadwal sudah mulai digunakan dan kapan berakhirnya jadwal tersebut. Pada pengaturan ini lebih baik tanggal mulai dan tanggal berakir diberi rentan waktu 2 - 3 tahun rentan waktu, supaya operator tidak setiap bulan atau bolak balik setting jadwal. cara mengatur jadwal karyawan adalah :
  • Pertama : Buka Software Attendence Menejement dan Klik "Jadwal Karyawan"
  • Kedua : Lihat pada Tabel yang ada pada gambar, jika Tabel tersebut kosong, itu berarti jadwal belum terisi dan hasil scan karyawan tidak terbaca. namum jika sudah, silahkan untuk mengecek tanggal mulai dan tanggal berakhir pada Tabel apakah sudah sesuai atau belum.
Untuk kali ini saya contohkan yang kosong atau belum di tambahkan. untuk cara menambahkan jadwal karyawan yaitu dengan cara :
  • Dari tampilan pengaturan jadwal karyawan, silahkan klik tombol Ceklist yang terdapat pada pojok kanan atas.
    *Ini berlaku ketika, semua nama masih kosong jadwalanya, jika hanya salah satu nama, silahkan klik nama yang mau di sett.
    • Klik "Pengaturan Jadwal"
    • Muncul tampilan seperti gambar dibawah. Kemudian Klik Tombol (+)
    • Muncul Tampilan Untuk Seting jadwal dan Rentang waktu jadwal. Pilih "Shift" --> Atur "Rentang waktu tanggal" --> "OK"
    *Rentang waktu jadwal diusahakan 2 - 3 tahun kedepan dari tanggal mulai jadwal. Contoh : Tanggal Mulai : 01/01/2017 dan Tanggal Berakhir : 31/12/2020.
    • Setelah itu maka pada tabel daftar jadwal karyawan yang tadinya kosong akan terisi. Kemudian Klik "OK"
    • Jika langkah penambahan jadwal karyawan sudah berhasil maka tabel jadwal yang semula kosong menjadi terisi. seperti terlihat pada gambar dibawah. Setelah itu Close Tampilan Tersebut.

    Setelah jadwal karyawan sudah disetting. silahkan untuk mencoba laporan dengan cara sebagai berikut.
    • Koneksikan terlebih dahulu, antara alat dan software. dengan langkah : Pasang Kabel --> Pilih Type Komunikasi --> dan Klik tombil "Koneksikan"
    • Kemudian Klik "Download Data Presensi", dan tunggu hingga proses selesai.
    • Setelah proses selesai silahkan masuk ke laporan dengan menekan tombol "Laporan"
    • Kemudian Atur Departement, Nama, Rentang Waktu Tanggal Pelaporan, Kemudian Klik "Kalkulasi"
    • Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah. maka tampilan data laporan akan muncul. Kemudian Klik "Laporan" dan Pilih Format Laporan yang sesuai. *Dalam tutorial ini saya gunakan format "Laporan Detail Harian"
    • Jika sudah berhasil maka laporan sudah siap untuk di cetak, dengan menekan tombol Print dibagian pojok kiri atas, atau menekan tombol (CTRL+P) pada keyboard.
    Scan Laporan yang Sudah Terbaca

    Semoga Bermanfaat (Untuk dapat bermanfaatpun Butuh Proses) :)


    0 Response to "Hasil Kalkulasi Laporan Absensi Kosong? Begini Cara Memperbaikinya..."

    Posting Komentar