Laboratorium Multimedia

Lab. Multimedia Fakultas Ilmu Budaya
Laboratorium multimedia merupakan sarana pendukung belajar mengajar berbasis Teknologi informasi yang dikelola oleh Unit Laboratorium Terpadu institusi pendidikan.
Pada laboratorium multimedia ini secara teknis mempunyai spesifikasi terbagi 2 seperti tersebut dibawah ini :
Labor Multimedia Client :
No.Fungsi Uraian Kegiatan
1.Join in a Class Siswa dengan mudah mengikuti kelas yang diinginkan.
2.Student RegisterSetelah terhubung dengan guru, guru dapat melakukan proses pendaftaran/kehadiran siswa. Dengan ini siswa harus memberi informasi siswa (nama siswa, nama kelas, nomor induk siswa) sehingga dapat terhubung dalam kelas.
3.Student Name at InterfaceNama siswa dapat tampil di interface sesuai dengan student register, computer name yang sesuai dengan alamat IP.
4.Raising Hand/request HelpSelama pelajaran berlangsung, bila siswa memiliki pertanyaan ke guru, maka siswa dapat menggunakan fungsi ini.
5.Message-send to teacherselama kelas berlangsung, siswa dapat berkomunikasi dnegan guru melalui pengiriman pesan teks.
6.File SubmittingDengan fungsi ini siswa dapat mengirim file/tugas2 ke PC guru.
7.Student Auto Record on Screen BroadcastSelama kelas berlangsung, guru dapat merekam pengoperasian secara vocal visual dan suara sebagai file video, dan siswa dapat jg merekam file video tersebut pada saat yg sama di harddisk siswa.Dengan file video tersebut, siswa dapat mengcopy atau memutar kembali untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik atau mereview kembali.
8.Request HelpSelama kelas berlangsung, siswa dapat meminta pertolongan dari guru ketika mengalami masalah dengan memanfaatkan fungsi ini dengan mengetik pertanyaan yang diajukan.
9.QuizSelama kelas berlangsung, siswa berpartisipasi dalam mengikuti quiz/test yg dikirim oleh guru.
Labor Multimedia Server :
No.Fungsi Uraian Kegiatan
1.Master Console Dual monitor support-support monitor kesatu sebagai screen monitor untuk pengajaran, dan monitor kedua sebagai control monitor yang berisi user interface (antarmuka pengguna). Jadi tidak perlu melakukan minimize saat guru melaksanakan perinta-perintah di user interface..
2.Net Movie-Support DVD,VCD, ALLFungsi pengajaran multimedia seperti file-file video, dimana PC master dapat menayangkan file multimedia seperti DVD, VCD, MPEG2/3/4, Quick Time, AVI, RM, ASF,MMV dan semua file multimedia lainnya. Terdapat fungsi suspend yg membantu guru untuk memblok materi yang hanya diajarkan dalam sebuah keping CD/DVD. Inilah fungsi pengajaran dalam bahasa yaitu Repeating/pengulangan.
3.Screen Broadcast/with CameraMenyampaikan layar dan suara PC Guru ke PC Siswa, dan sekaligus menampilkan wajah Guru yang di shoot oleh Camera. Screen Broadcast-Guru dapat memilih bagian layar untuk ditayangkan ke siswa.
4.Screen Broadcast Full Screen and Window modeGuru dapat menyampaikan layar PC ke siswa, baik dalam pilihan mode layar penuh maupun mode window layar guru tampil tidak penuh di layar PC siswa.
5.Screen Broadcast Speed UpTerdapat pengaturan kecepatan screen broadcast untuk menghindari LACK.
6.Screen Broadcast Support 3D/OPGLSoftware/game guru dapat menyampaikan program-program seperti DirectDraw, Direct3D, OpenGL, dan full screen movies.
7.Student DemonstrationFungsi ini memilih seorang siswa untuk mendemokan pengoperasian di dekstopnya ke guru dan siswa-siswa lainnya.
8.CameraFungsi ini menayangkan materi secara LIVe melalui USB Web Camera ke siswa-siswa secara bersamaan. Guru juga dapat menyiarkan suaranya ketika materi 'LIVE' sedang berlangsung. Fungsi ini digunakan pula untuk menyajikan materi-materi yang dihubungkan ke master control melalui AV Control, seperti tape recorder, DVD player, TV/Indovision, dll
9.Voice BroadcastFungsi ini menggunakan penyampaian komunikasi audio/suara untuk berhubungan dengan siswa melalui microphone, headphone, dan speaker ruangan.
10.Voice ChatFungsi voice char memungkinkan guru berbicara secara pribadi dengan seorang siswa sehingga siswa-siswa yang lainnya tidak dapat mendengar.
11.Group ManagementFungsi ini digunakan untuk membagi siswa-siswa yang sedang aktif dalam class model kedalam beberapa pasangan/kelompok dan menunjuk anggota aktif dan pasif untuk melaksanakan fungsi grup chat dan grup teaching. Grup management dapat menghapus dan rename grup. menambah dan menghapus anggota kelompok. group information disimpan secara permanen bersama dengan class model. pelajaran berikutnya dapat menggunakan kelompok yang telah disimpan sebelumnya.
12.Group TeachingFungsi ini paling populer dalam sistem ini, dimana guru dapat membagi siswa-siswa dalam beberapa kelompok, sehingga membentuk pembelajaran secara berpasangan dan pembelajaran koperatif. Setiap kelompok memiliki satu anggota aktif dan satu atau beberapa anggota pasif. anggota aktif dapat menggunakan beberapa fungsi seperti halnya guru, seperti: pengajaran broadcast, voice teaching, voice chat, monitor, remote control, remote setting, file distibution, remote command, dan bahkan NET Movie.
13.Group ChatMelalui fungsi group chat, setiap kelompok yang dibentuk dalam group management dapat bercakap-cakap dalam kelompoknya, dan guru dapat ikut bergabung dalam kelompok tersebut.
14.Monitor and ControlMonitor student- fungsi ini digunakan guru untuk mengendalikan PC siswa tertentu atau mengendalikan PC siswa secara bersama-sama.
15.Electronic PenSelagi mengendalikan PC siswa, guru dapat memberi catatan-catatan dengan menggunakan fungsi elektronic pen yg tersedia sehingga memudahkan pemahaman siswa.
16.SnapshotPada saat memberik penekanan tertentu, guru dapat membesarkan area tertentu yang dijelaskan, menggeser halaman, menyimpan sebagai file foto, dll.
17.Remote Settingfungsi ini digunakan bila guru ingin melakukan setting PC siswa yg umum melalui master control seperti: desktop theme setting, background setting, screen protection, programme setting, student channel, student volume, studen uninstal password setting, application control, internet control, exit hotkey setting.
18.Remote Command-startup/reboot/shutdownfungsi ini digunakan untuk menyalakan/startup seluruh PC siswa dari master control dengan hanya meng-klik mouse. Guru juga dapat mematikan semua PC siswa, me-reboot semua PC siswa, dan menjalankan aplikasi pada PC siswa secara jarak jauh/remote tanpa meninggalkan Master Control seperti aplikasi MS Word, Excel, paint, dll.
19.USB Disk PolicyGuru dapat melarang penggunaan USB Disk, sehingga melindungi data yang dicopy dari USB disk.
20.Application PolicyMelalui fungsi ini, guru dapat mem-backlist dan whitelist aplikasi yang digunakan siswa yg berarti memelihara disiplin kelas, melindungi siswa untuk menggunakan alat-alat chating seperti QQ, MSN, dll. Guru juga dapat membatasi pada permainan/game tertentu.
21.Web Policymelalui fungsi ini, guru dapat memb-blacklist dan whitelist alamat web/URL yang dapat dikunjungi siswa, secara efektif mengontrol website yang dapat diakses siswa, menghindari siswa dari browsing website yang tidak benar, dan memelihara lingkungan.
Dan banyak terdapat fungsi lain yaitu remote login, Block handrise/Message, Silence, Screen record, Quality screen recording, record voice, red flash point, file distribution, file submision management, manage help request, teaching multiple channerl, remote message, student process protection, windows task manager, screen lock on disconect, view/thumbnail mode, electronic roll call, ultra monitor, student property, screen pen/annotation tool dan system log.

0 Response to "Laboratorium Multimedia"

Posting Komentar