6 Tips Merawat Laptop


Ilustrasi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hampir semua orang kini menggunakan laptop untuk melakukan berbagai keperluannya sehari-hari, baik sebagai bagian dari gaya hidup, untuk bisnis, serta untuk mengerjakan tugas. Laptop kini banyak tersedia dipasaran mulai low end hingga high end. Laptop merupakan suatu perangkat yang sangat sensitif, laptop sangat butuh perhatian/perawatan. Perlu diketahui juga, komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC. Maka dari itu laptop yang kita miliki harus kita rawat dengan baik, berikut tips untuk merawat laptop:

1. Gunakan laptop di tempat yang tepat
Penggunaan laptop di sembarang tempat dapat sangat mempengaruhi performance dan usianya. Jangan menggunakan laptop di atas kasur, karena permukaan kasur yang cenderung empuk dapat menutup saluran ventilasi sistem pendinginan laptop kita dan tentunya kasur mengandung partikel debu yang sangat halus yang sangat mudah masuk ke dalam laptop kita. Gunakan laptop pada permukaan yang datar seperti meja. Perhatikan juga suhu ruangan tempat dimana laptop digunakan memiliki suhu ideal, jika terpaksa menggunakan di ruangan dengan suhu panas dapat kita gunakan cooling pad.

2. Hindari getaran elektromagnetik
Jauhkan laptop kamu dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya,perlu diketahui jika menggunakan HP usahakan menjauh dari laptop. Medan magnet yang ada di HP berbahaya buat sound laptop yang mengakibatkan tidak berfungsi atau suaranya pecah-pecah.

3. Perhatikan kondisi baterai.
Jika laptop digunakan terus-terusan hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0%, jadi selekasnya charger kembali, sebelum baterai habis, Charge baterai itu hingga penuh 100%. Sangatlah dianjurkan Pemakai laptop untuk setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dapat dilakukan di bagian Power Options.

4. Hati-hati membawa laptop saat bepergian.
Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesaign untuk laptop/notebook. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus buat laptop/notebook. Mungkin tas untuk ini harganya agak mahal. Tapi sepadan dengan fungsinya untuk melindungi atau Anda dapat juga dengan menggunakan bantalan kain dan disematkan pada laptop sehingga tidak mengeluarkan anggaran.

5. Hati-hati download software dan gunakan anti virus yang terpercaya.
Usahakan untuk memakai software yang sudah ada dalam paket pembelian laptop/notebook anda, untuk menghindari virus yang merusak. Download software di internet, kalau tidak berhati-hati tanpa dukungan antivirus yang memadai dan ter-update dengan baik sebaiknya tidak dilakukan.

6. Jaga kebersihan laptop.
Tips yang terakhir yaitu kita harus selalu menjaga kebersihan laptop, kita dapat menggunakan kuas dan kain lap halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang terdapat dalam keyboard dan layarnya. Kipas/Van laptop juga menjadi bagian yang perlu diberhatikan, bersihkan menggunakan kuas kecil untuk menghilangkan debu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber : link

0 Response to "6 Tips Merawat Laptop"

Posting Komentar